Selasa, 14 Juni 2011

brandenburg concerto no.5

saya bukan pengamat musik klasik.. sampai hari ini, membedakan simfoni dan sonata saja saya tidak becus.. boro-boro bisa main musik... saya hanya bisa duduk menikmati musik.. dan karena waktu SMA saya belajar dengan baik (hehehe...) saya 'bisa' lah baca not balok dikit-dikit.. ingat ya teman2.. dikit-dikit doang.. jadi kalau james dan jason sudah frustasi di depan piano dan mulai komplain lagunya susah.. saya boleh lah duduk disebelah mereka, dan menghitung.. (ya, menghitung!) not-nya bersama-sama.. karenaaa.. yaaa itu tadi.. kan sudah saya bilang, saya nggak becus hehehehe...

waktu saya mendapat kesempatan kedua, nonton konser (lagi-lagi) di Aula Simfonia Jakarta.. konser-nya bertajuk Simply Bach .. yang "sama sekali tidak simpel" (masih terngiang-ngiang di kepala saya, ucapan dari pendeta kami Dr. Stephen Tong waktu memberikan introduksi pada salah satu kebaktian, beberapa minggu sebelum konser diadakan)

ada satu seminar yang diadakan oleh Pdt. Billy (yang juga menjadi conductor dari konser tersebut), kira-kira seminggu sebelum konser.. judulnya, saya lupa pastinya apa judulnya, tapi intinya tentang hg : bagaimana cara menikmati musik klasik.. . nah loo.. sampai dibikinkan seminarnya lho!! .. sayang saya tidak bisa datang... yang jelas, Brandenburg Concertos No. 1-5 , itu menurut beliau, adalah lima dari beberapa karya maestro yang harus kita dengarkan sebelum kita mati.. hehehehe... terus terang, saya nggak punya gambaran, seperti apa sih lagunya.. sampai diberi label kehormatan seperti itu..

nah.. waktu akhirnya saya duduk manis mendengarkan konser.. dan setelah beberapa lagu diperdengarkan.. tibalah pada karya agung ini.. saya sudah nggak sabar mendengarkan.. waktu itu, lagu ini dimainkan tidak full orchestra.. tapi hanya beberapa orang saja..

ini saya kasih link-nya, tapi saya ambil dari you Tube, bukan dari aula simfonia jakarta (kan tidak boleh bikin audio-video selama konser.. hiks.. hiks..)


ketika intro-nya diperdengarkan.. saya nyaris melonjak dari tempat duduk saya... saya pegang tangan Jason erat-erat... yaaa ampuuun... saya kan kenal lagu ini!!!
ini kan lagu yang.. cuplikannya, ada di film Little Einstein.. yang saking suka-nya Joshua dengan film itu, dia selalu ikuti tiap episode yang disiarkan di tv kabel.. yang mana satu episode sering diulang-ulang penayangannya..
halaaaah.. ya ampuuuun.. saya senaaaang banget... jadi ini toh.. lagu yang termasyur itu.. aduuuuh... saya benar-benar merasa mendapat kehormatan untuk mendengarkan secara langsung...

pulang dari konser.. langkah saya terasa ringaan banget... hati saya bahagia.. senang.. waduh.. campur aduk deh.. sepanjang jalan saya rasanya masih mendengarkan lagunya di kepala saya.. walaupun lagu berikutnya dalam acara konser : John's passion, terasa berat untuk saya dengarkan.. tapi buat saya nggak masalah deh.. saya puas banget malam itu.. (eh tadi rasanya sudah bilang ya.. ) .. ya begitulah pokoknya.. can't wait for another concert!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar