Minggu, 04 September 2011

cerita mudik : secret garden

pada suatu masa.. ketika saya masih kecil.. rumah saya memiliki halaman belakang yang luas.. ada pohon jambu air yang luar biasa besarnya, lengkap dengan sarang semut merah didalam rongga batangnya, semut merah..  'semut rang-rang', yang kalau menggigit.. aduh sakitnya!!!.. juga ada pohon mangga yang juga tidak kalah besarnya.. pohon belimbing sayur, belimbing buah.. ada ayunan.. ada tempat cuci piring (baca : tempat main air.. hehehehehe..).. wah, pokoknya kebun saya dulu itu asik bener.. kadang teman-teman datang, kami belajar bersama, main cerdas cermat... sesudah itu kami main pasaran.. banyak daun untuk jadi bungkus (dulu, kalau ke pasar, daun digunakan untuk bungkus.. belum digantikan oleh plastik), banyak bunga untuk jadi 'masakan' kami.. wah seru... bosan main pasaran, kami main petak umpet, main maling2an.. pokoknya tidak pernah kami kehabisan permainan di kebun itu..

...sekarang kebun belakang itu sudah tidak ada.. semua pohon sudah ditebang, tanahnya dipergunakan untuk membangun rumah yang kami tempati sekarang.. dan semua pohon yang dulu ditanam.. kami cangkok dan tanam di pot-pot besar.. di KEBUN RAHASIA KAMI ..hehehe..


..di halaman depan rumah kami yang sekarang ini.. tinggal tersisa sepetak tanah kecil.. yang dihabiskan untuk menjadi kolam ikan yang dikelilingi bermacam tanaman .. hmm.. saya kemarin baru sadar.. saya tidak bisa berjalan mengelilingi kolam... karena terlalu penuh tanaman.. jadi benar-benar seperti kebun rahasia dengan bagian-bagian rahasia yang belum bisa dijelajahi.. mungkin lebaran tahun depan saja saya keliling kebunnya hehehe...


..dilihat dari atas.. kolam ikan dan tanaman sekelilingnya tampak luar biasa... tahun ini kolamnya banyak diisi ikan mas .. bukan ikan mas hias.. tapi ikan mas yang kalau sudah agak besar bisa dimasak .. pepes ikan.. hehehe... kalau natal nanti mudik lagi.. kayanya bisa nih hidangan pepes ikan mas dari kolam sendiri.. hohoho...



.. orang tua saya menyukai tanaman .. dulu bersama mami, mereka pernah asik bertanam anggrek.. kalau sudah berbunga.. dipetik dan dijadikan hiasan di rumah... kemarin saya perhatikan anggrek-anggrek agak telantar.. beberapa bulan terakhir ini, papi kurang baik kesehatannya.. jadi tanaman agak kurang terpelihara..namun demikian, masih banyak tanaman yang masih berbunga.. mereka tersebar di sekeliling rumah.. baik di dekat kolam, maupun di teras loteng..







... selain tanaman yang bisa dinikmati keindahannya.. ada juga tanaman yang bisa dimakan.. misalnya, jambu air yang dulu berdiri megah di halaman belakang, yang sekarang sudah jadi rumah kami... sebelum ditebang, dicangkok dan ditanam dalam pot... sampai sekarang, jambu air yang berwarna hijau kemerahan, tetap menjadi favorit saya.. saya kurang suka jambu air yang merah, walaupun diiming-imingi rasa manis.. buat saya yang warna merah kehijauan itu tetap yang paling enak...
selain jambu, papi juga menanam sawo kecik, belimbing dan mangga... yang sayangnya tidak satupun sedang berbuah saat ini...
saya menyebutnya : daun dewa.. mami dulu sering mengunyah daunnya mentah-mentah, untuk obat,. begitu beliau bilang
.. sama seperti di sekitar kolam ikan.. dimana saya tidak berhasil mengelilingi kolam untuk melihat ragam macam tanaman disana.. di teras loteng pun, saya tidak berhasil berjalan memutari teras, karena ada bagian yang tertutup aneka pot dan pagar tanaman rambat.. waktu saya terbengong-bengong melihat tanaman yang semrawut tapi indah.. mata saya terbelalak karena saya baru tahu.. kalau kami juga punya tanaman anggur!!

.. akhirnya, anggurnya dipetik.. rasanya asam manis.. dan papi membuatnya jadi jus anggur.. hahaha.. karena terlalu asam untuk dimakan.. wine istimewa begitu kata papi sesudah berhasil mendapatkan segelas besar jus anggur..

ah.. saya lupa cerita...kalau kami juga punya kolam kecil... berisi ikan lele.. jadi menunya pepes ikan mas dan pecak lele.. asiiik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar